Peningkatan Performa Pembongkaran Muatan Buco Di MT. Gamkonora
-
-
Published: 5 June 2021
-
Page: 11-27
Abstract
Keterlambatan dalam proses pembongkaran di MT. Gamkonora seharusnya selesai dalam waktu 14 jam, namun karena adanya ganguan pada saat pembongkaran muatan, maka kegiatan baru dapat diselesaikan dalam waktu 28 jam ini adalah Tujuan penelitian mengetahui faktor-faktor penyebab pembongkaran Buco Crude Oil di MT. Gamkonora tidak optimal dan mengidentifikasi upaya agar pembongkaran muatan Buco Crude Oil di MT. Gamkonora dapat optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknis analisis Fishbone. Kesimpulanya adalah faktor yang menyebabkan pembongkaran muatan Buco Crude Oil di MT. Gamkonora tidak optimal yaitu officer tidak cermat dalam tugasnya, perawatan tidak sesuai manual book, prosedur tidak dilakuka dengan benar, dan alat bongkar muat tidak berfungsi dengan baik dan Upaya yang dilakukan agar optimal yaitu officer harus lebih cermat dalam melaksanakan tugasnya, melakukan perawatan bongkar muat sesuai dengan Manual Book, melakukan prosedur dengan benar serta menyiapkan peralatan pembongkaran sesuai dengan Tanker Safety.
- Optimalisasi
- Pembongkaran
- Muatan
- Buco
- Abdurrahmat, Fathoni. 2011. Metodologi penelitian dan Teknik Penyusunan. Skripsi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
- Ana Retnoningsih dan Suharso 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang, Widya Karya.
- Ali, Muhammad Aidi. 2014. “Analisis Optimalisasi Pelayanan Konsumen Berdasarkan Teori Antrian pada
- Kaltimgps.Com di Samarinda” dalam eJournal Ilmu Administrasi Bisnis. Samarinda: Universitas Mulawarman.
- Arwinas, 2001. Petunjuk Penanganan Kapal dan Barang di Pelabuhan. Jakarta: PT (Persero) Pelabuhan Indonesia II.
- Brata, Sumardi Surya. 1983. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali.
- Bungin, Burhan. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. Jakarta.
- Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
- Gianto, Herry dan Arso Martopo. 1990. Pengoperasian Pelabuhan Laut. Semarang:Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran.
- ICS OCIMF, 1996, ISGOT (International Safety Guide For Oil Tanker and Terminal, Fourth Edition). London:Witherby.
- Istopo, 1999, Kapal dan Muatanya, Koperasi karyawan BP3IP, Jakarta.
- Kristiansen, Svein. 2005. Maritime Transportation: Safety Management and Risk Analysis. Oxford: Elsevier Butterworth-Heinemann.
- Kuo, Chengi. 2007. Safety Management and Its Maritime Application. London: Nautical Institute
- Martopo, Arso. 2001. Penanganan Muatan. Semarang: Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.
- Pendidikan dan Latihan Pelayaran. 2000. Oil Tanker Familiarization. Jakarta: Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta.
- Rutherford D. 1980. Tanker Cargo Handling. London.
- Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kotemporer. Jakarta: Modern English Press
- Scarvada dkk. 2004. A Review of the Causal Mapping Practice and Research Literature. Cancun: Second World Conference.
- Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudahdipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
- Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi. Bandung: Alfabeta.
- Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif danRD). Bandung : Alfabeta.
- Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka