Analisa muatan pupuk terhadap kesehatan crew

  • Published: 16 April 2020
  • Page: 14-17

Abstract

Pupuk adalah suatu bahan kimia organisme yang berperan dalam dalam penyediaan unsure hara bagi keperluan tanaman secara langsung atau tidak langsung yang sangat identik dengan bidang kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan dampak muatan pupuk terhadap kesehatan Kru Kapal (ABK) serta pemahaman tentang bahaya muatan pupuk. Permasalahannya dalam penelitian ini adalah minimnya pengetahuan Kru tentang dampak muatan pupuk di Mv. Danau Kalimantan. Untuk memperoleh data dan sekaligus bahan yang digunakan dalam pemecahan masalah, maka penulis melakukan wawancara serta pengamatan langsung di kapal yang bersifat primer serta didukung dengan data yang berasal dari pihak perusahaan sebagai data sekunder. Pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif yaitu dengan dengan menganalisa hasil yang didapatkan di atas kapal. Dengan tingkat penghasilan yang didapatkan, ada beberapa orang yang terganggu kesehatannya akibat belum sadarnya akan bahaya muatan pupuk, sedangkan tingkat kesadaran para Kru terhadap bahaya pupuk sangat minim. Dari apa yang diperhatikan di atas menunjukkan bahwa yang menjadi dampak bahaya pupuk adalah kurangnya kesadaran Kru terhadap kesehatan dan belum mengerti tentang muatan pupuk di atas kapal.

Keywords
  • Analisa muatan pupuk
  • Kesehatan crew
How to Cite
Purnama, C. (2020). Analisa muatan pupuk terhadap kesehatan crew. Jurnal Cakrawala Bahari, 3(1), 14–17. Retrieved from https://www.jurnal.poltekpelsumbar.id/index.php/jcb/article/view/17
References
  1. Effi Ismawati Musnamir, 2003, Pupuk Organik Padat, Penebar Swadaya, Jakarta.
  2. Harrington, J.M dan Gill, F.So (edisi 3), 2003, Buku Saku Kesehatan Kerja, EGC, Jakarta.
  3. Istopo, Capt., 2003, Kapal dan Muatannya, Yayasan Bina Citra Samudra, Jakarta.
  4. Lorentz, 2000, Pupuk Tripel Superfosfat, TSP, Jakarta.
  5. Sartono, Drs., 2001, Racun dan Keracunan, Widya Medika, Jakarta.
  6. Slamet Sudarmadji, Bambang Haryono dan Suhardi (Edisi 4), 1997. Prosedur Analisa Untuk Bahan makanan dan pertanian. Liberty, Yogyakarrta.
  7. Tjandra Yoga Aditama dan Tri Hastuti, 2002, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Universitas Indonesia (VI – Press), Jakarta.