Analisis pentingnya pemahaman garbage management plan diatas kapal dalam upaya pencegahan polusi di laut

  • Published: 16 April 2020
  • Page: 7-13

Abstract

Pada setiap kapal tidak dapat dihindarkan dari adanya sampah, dimana sampah itu sendiri tetap akan bertambah terus sehingga untuk menghindari hal ini maka sampah yang ada itu harus dibuang kelaut. Masalah yang timbul apabila penanganan sampah yang tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan dalam IMO/MARPOL 73/78 pada Annex V akan menyebabkan polusi yang dapat menggangu kehidupan laut. Masih kurangnya pemahaman dari awak kapal tentang prosedur penanganan sampah khususnya cara pembuangan sampah yang sesuai prosedur, yang berdampak terbuangnya sampah kelaut mengakibatkan pencemaran laut dan kerusakan lingkungan hidup. Dan pentingnya kerja sama antara awak kapal dalam penanganan sampah yang sesuai dengan ketentuan yang telah ada agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diiginkan seperti pencemaran laut dan kerusakan lingkungan hidup.Pembuagan sampah yang tidak sesuai aturan akan berdampak pada : a. Lingkungan dan ekosistem laut; b.Kerusakan pada sumber daya; c. Bahaya pada kesehatan manusia; d. Degragasi kehidupan.

Keywords
  • Garbage management plan
  • Pencegahan polusi di laut
How to Cite
Novi, B. (2020). Analisis pentingnya pemahaman garbage management plan diatas kapal dalam upaya pencegahan polusi di laut. Jurnal Cakrawala Bahari, 3(1), 7–13. Retrieved from https://www.jurnal.poltekpelsumbar.id/index.php/jcb/article/view/16
References
  1. Arikunto (1992). Metode penelitian kualintatif.
  2. Departemen Perhubungan, Direktorat Jendral. Perhubungan Laut Jakarta .1978. Pencegahan pencemaran laut, konvensi internasional tentang pencegahan pencemaran dari kapal. Harian Kompas, hari Senin tanggal 17 Juli 2007.
  3. Mustamin Latief .S, Dampak pembuangan sampah dan minyak terhadap lingkungan laut.
  4. Marine polution 1973/1978 consolidate Edition 1997. Sammy Rosadhy, Drs. MM, Pencegahan Polusi di laut